Teknologi Robot yang Menggantikan Manusia

  • Whatsapp

Perkembangan teknologi yang terus dilakukan tentu akan memberikan beberapa perubahan dalam tatanan kehidupan manusia. Belakangan sering muncul berita tentang dikembangkannya robot canggih yang dapat mengerjakan beberapa pekerjaan manusia. Hal ini tentu saja menimbulkan kecemasan bagi banyak orang. Bagaimana jika banyak pekerjaan manusia akan diambil alih oleh robot. Lalu apakah pernyataan ini benar adanya? Yuk simak ulasan berikut.

Jenis jenis Pekerjaan Manusia yang Akan Digantikan Robot

1. Pembantu Rumah Tangga

Ada banyak perangkat rumah tangga yang dibuat secara otomatis di dalam platform Al seperti TV, AC, lemari es hingga vacuum cleaner. Beberapa perangkat rumah tangga ini akan saling terhubung dengan sebuah koneksi yaitu M2M. Setiap peralatan juga akan dibekali dengan sensir IoT agar perangkar bisa membaca perilakuk penguna. Dengan adanya kemampuan tersebut sehingga teknologi robot ini diperkirakan akan menggantikan pekerjaan manusia nantinya.

2. Supir dan Kurir

Pekerjaan selanjutnya akan digantikan oleh robot adalah supir dan kurir. Mengingat saat in mulai dikembangkan kendaraan yang dapat berjalan sendiri tanpa kontrol dari pengemudi. Manusi hanya perlu memberikan perintah suara atau tanpa suara agar kendaraan tersebut dapat menulusuri jalan secara otonom. Teknologi ini masih terus dkembangkan ekosistem Alnya. Kendaraan ini akan menjadi mode transportasi massa di masa yang akan datang.

3. Pekerja Gudang

Pekerjaan operasional di gudang diprediksi akan tergantikan dengan pekerjaan manusia. Keuntungn dari penggunaan teknologi robot ini yaitu pekerjaan dilakukan selama seharian penuh. Selain itu, pemindahan dan pengaturan barang di gudang juga lebih rapi ketika dilakukan oleh robot. Tentunya bagi perusahaan , penggunaan robot dinilai lebih menguntungkan karena dapat meninimalisir kesalahan yangs ering dilakukan oleh manusia.

4. Kasir Toko

Pekerjaan menjadi kasir toko di gera ritel seperti Indomart dan Alfamart kan digantikan dengan robot. Teknologi ini akan mengadopsi konsep autonomous sebagaimaan yang dilakukan oleh Amazon Go. Sebagaimana diketahui jika di tahun 2017, Amazon akan meluncurkan prototipe autonomous retail yang mengaplikasikan computer vision. Teknologi ini memungkinkan jika konsumen dapat keluar dan masuk tanpa perlu menunggu di depan kasir untuk melakukan pembayaran.

5. Pegawai Restoran

Memang saat ini restoran masih menggunakan pegawai untuk melayani pelanggan untuk pemesanan dan pembayaran. Namun sepertinya kondis ini tidak akan berlangsung lama karena di masa yang akan datang pekerjaan tersebut akan digantikan dengan teknologi robot dengan memanfaatkan aplikasu layat sentuh yang akan disediakan di sebuah rumah makan. Proses pembayaran juga dilakukan dengan aplikasi maupun melalui smartphone.

Meskipun beberapa pekerjaan yang telah disebutkan akan menggantikan peran manusia namun peluang pekerjaan baru akan muncul seiring dengan kemajuan teknologi robot. Sebagaimana contohnya pengggunaan robot di sektor kesehatan akan menciptkan hingga 34 persen pekerjaan. Dengan demikian, kehadiran teknologi robot tidak akan membuat karyawan menjadi pengangguran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *