Pertimbangan Saat Ingin Membeli Mobil Pertama Kali

  • Whatsapp

pertimbangan-saat-ingin-membeli-mobil-pertama-kali

Memiliki mobil untuk pertama kali memang menjadi kebanggaan tersendiri, baik itu mobil bekas atau baru. Keduanya sama-sama dapat dijadikan sebagai alat transportasi yang baik untuk Anda. Meskipun tetap terdapat plus dan minusnya.

Read More

Anda bisa mendapatkan mobil dengan tunai atau kredit dengan mudah karena sekarang pembelian bisa dilakukan online. Anda dapat melihat-lihat katalog mobil secara online baru kemudian membuat janji temu. Ya, sekarang ini sudah sangat mudah melakukan pembelian mobil.

Pilih Mobil Baru atau Bekas

Hal yang menjadi pertimbangan lain dalam membeli mobil adalah apakah harus membeli mobil baru atau bekas. Sebab keduanya memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing. Berikut perbandingan antara mobil baru dan bekas:

1. Biaya Perawatan Mobil Baru Lebih Murah

Mobil baru tentu saja akan memiliki performa lebih baik dibanding yang bekas. Apalagi dengan adanya layanan purna jual berupa gratis servis dan ganti oli. Biaya perawatan bisa ditekan, terutama karena mobil baru tidak mudah rewel karena kondisinya masih prima.

2. Mobil Second Harganya lebih Murah

Jika dibandingkan harganya, mobil bekas memang menawarkan harga jauh lebih murah dibandingkan baru. Harga penyusutan mobil cukup tinggi, pada tahun pertama saja sudah merosot 20%. Jika harga beli awalnya adalah 200 juta, maka setelah satu tahun pemakaian harganya hanya 160 juta saja. Itupun apabila masih dalam kondisi bagus.

Walaupun membeli mobil second dengan cara kredit, harganya masih bisa dikatakan lebih bersahabat dibandingkan harus mengkredit mobil baru. Jika Anda memiliki kondisi keuangan terbatas, maka membeli mobil second akan lebih baik.

3. Premi Asuransi Mobil Second Lebih Mahal

Asuransi mobil merupakan hal yang penting, karena mampu membantu Anda mencover biaya ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Untuk mobil baru biaya preminya akan lebih murah karena pihak asuransi merasa bahwa mobil baru tidak akan mudah mengalami kerusakan.

Sedangkan mobil second cenderung lebih mudah mengalami masalah karena usianya sudah lebih tua. Oleh sebab itu, banyak pihak asuransi yang membuat biaya premi untuk mobil second lebih mahal dibanding yang baru.

4. Biaya Spare part Mobil Second Lebih Bersahabat

Membeli mobil second juga bisa memberi keuntungan dalam hal spare part dan fitur tambahan yang sudah dipasang oleh pemilik sebelumnya. Biasanya, pemilik lama tidak repot-repot melepas sparepart tambahan karena tidak memerlukannya lagi. Terutama jika membeli mobil baru dengan merek berbeda.

5. Pajak Tahunan Mobil Second Lebih Murah

Sebagai pemilik mobil mengeluarkan biaya untuk membayar pajak merupakan kewajiban yang harus dilakukan setiap tahunnya. Semakin baru tahun keluaran mobil, maka pajaknya akan makin tinggi. Jadi, bisa dikatakan bahwa mobil second akan membutuhkan biaya pajak lebih ringan.

Pertimbangan Memilih Mobil Baru atau Bekas

Melihat perbandingan ini, Anda bisa menentukan mana yang lebih cocok untuk dibeli mobil baru atau bekas. Mobil baru tidak memerlukan perawatan yang intens dan dapat digunakan tanpa menimbulkan banyak masalah. Namun, harganya lebih mahal. Mobil second memang cenderung lebih rewel dan membutuhkan perhatian ekstra. Namun, lebih murah dan biaya pajaknya juga tidak terlalu tinggi.

Dalam menentukan pilihan Anda bisa melihat dari budget yang dimiliki kemudian waktu dan keahlian dalam melakukan perawatan mobil. Apabila memiliki budget cukup dan tidak pandai merawat mobil second lebih baik membeli baru. Namun, apabila budget terbatas mobil second bisa menjadi pilihan.

Jika Anda berminat membeli mobil bekas bisa melakukan pembelian online di e-commerce atau marketplace. Lihat dahulu katalognya kemudian tentukan mobil mana yang disukai, barulah kemudian lakukan pengecekan mobil dan transaksi jual beli.

Sumber:

  1. https://www.gobear.com/id/blog/personal-finance/beli-mobil-baru-atau-mobil-bekas-mana-yang-lebih-untung
  2. https://www.seva.id/blog/karyawan-baru-lebih-baik-beli-mobil-bekas-atau-mobil-baru-112019/
  3. https://otospector.co.id/blog/beli-mobil-bekas-atau-baru

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *